Sabtu, 12 Oktober 2013

Daftar Istilah pada Buku Rekayasa Perangkat Lunak untuk SMK

 

Daftar Istilah pada Buku Rekayasa Perangkat Lunak untuk SMK

Abstraction
Merupakan prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya


Algoritma
Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis


Array
Struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama


Atribut
Karakteristik atau ciri yang membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya


Authentication
Proses memeriksa keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya pada DBMS)
 

Basic Input/Output System (BIOS)
Kode-kode program yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan (booting)
 

Basis data (database)
Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya
 

Command Line Interface (CLI)
Antar muka pengguna dengan model perintah-perintah teks
 

Compiler
Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara sekaligus seluruh kode program. Prosesnya disebut kompilasi.
 

Component Object Model (COM)
Infrastruktur yang disediakan oleh Visual Basic untuk mengakses obyek-obyek atau kontrol-kontrol lain sepanjang punya antar muka yang dapat diakses oleh


Constraint
Batasan-batasan dari masalah
 

Control
Aktivitas monitoring dan evaluasi terhadap feedback untuk menentukan apakah system telah bekerja dengan baik atau tidak
 

Counter
Variable pencacah yang digunakan dalam struktur algoritma pengulangan
 

Database Management System (DBMS)
Perangkat Lunak yang khusus / spesifik ditujukan untuk pengelolaan basis data
 

Disk Operating System (DOS)
Salah satu sistem operasi lama berbasis CLI
 

Elektronika

Ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat
 

Entitas
Individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain
 

Extensible Hypertext Markup Language (XHTML)
HTML versi terakhir (4.01) yang ditulis ulang dengan dengan aturan-aturan yang lebih ketat mengacu pada XML
 

Extensible Markup Language (XML)
Sekumpulan aturan untuk menyusun bahasa markup
 

Feedback
Data tentang kinerja sistem
 

Flowchart
Skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika
 

Gejala
Signal atau tanda terjadinya suatu masalah
 

Gerbang logika
blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik
 

Graphical User Interface (GUI)
Antar muka pengguna dengan model grafis
 

Identifier
Nama dari suatu variable atau konstanta
 

Ilmu komputer
Suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransfor-masikan informasi
 

Inheritance atau pewarisan
Prinsip pewarisan sifat dari orang tua ke anak atau turunannya yang diterapkan pada kelas
 

Inisialisasi
Instruksi yang dilakukan pertama kali pada suatu variabel atau ekpresi pemrograman
 

Input
Elemen-elemen yang masuk ke dalam system
 

Integrated Developement Environment (IDE)
Lingkungan pengembangan aplikasi terintegrasi. Perangkat lunak untuk membantu mempermudah pembuatan aplikasi komputer
 

Interpreter
Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara satu per satu baris dibaca dan langsung diterjemahkan
 

Kardinalitas
Jumlah maksimum entitas pada suatu himpunan entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain
 

Konstanta
Variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah.
 

Loop
Proses pengulangan suatu perintah
 

Masalah (problem)
Perbedaan antara situasi aktual dan situasi yang diharapkan atau perbedaan antara kondisi sekarang dengan target atau tujuan yang diinginkan
 

Model
Penyederhanaan dari suatu system atau Tiruan dari suatu sistem dengan sedikit atau banyak penyederhanaan
 

Multi-tasking
Kemampuan sistem operasi untuk menjalankan beberapa tugas / aplikasi secara bersamaan
 

Multi-user
Kemampuan system operasi untuk dijalankan oleh pengguna yang berbeda pada waktu bersamaan
 

Output
Perpindahan elemen-elemen yang dihasilkan dari proses perubahan ke tujuan yang diinginkan
 

Pemecahan masalah
Sebuah proses dimana suatu situasi dianalisa kemudian solusi-solusi dibuat bila ditemukan ada masalah dengan cara pendefinisian, pengurangan atau penghilangan, atau pencegahan masalah
 

Pemrograman Berorientasi Obyek (Object Oriented Programming – OOP)
Paradigma pemrograman yang menggunakan obyek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan program komputer
 

Pemrograman web
Usaha untuk membuat halaman web dengan menggunakan bahasa pemrograman web (script)
 

Perangkat lunak
Seluruh instruksi yang digunakan untuk memproses informasi
 

Permissions
Proses untuk menentukan apa yang bisa dilakukan seorang pengguna pada suatu sistem
 

Pointer
Variabel yang menyimpan alamat pada memori komputer
 

Polymorphism
Kemampuan dari suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk
 

Programmer
Seseorang yang bekerja membuat program komputer
 

Prosedur
x Instruksi yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi x Sekumpulan perintah yang merupakan bagian dari program yang lebih besar yang berfungsi mengerjakan suatu tugas tertentu
 

Proses
Perubahan atau transformasi input menjadi output

Prototyping
Salah satu pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan
 

Pseudocode
Cara penulisan algoritma dengan menggunakan kode-kode yang mirip dengan bahasa pemrograman
 

Query
Permintaan atau pencarian pada data-data tertentu pada suatu basis data
 

Record
Baris data dari suatu tabel suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan
 

Relationship atau relasi
Hubungan yang terjadi antara sejumlah entitas
 

Sistem
Kumpulan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu
 

Sistem basis data
Kumpulan elemen-elemen seperti basis data, perangkat lunak, perangkat keras, dan manusia yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yaitu pengorganisasian data.
 

Software
Lihat Perangkat Lunak
 

Software Engineering
Lihat Rekayasa Perangkat Lunak
 

Solusi
Bagian akhir atau output dari proses pemecahan masalah.
 

Stored procedure
Potongan kode program yang dapat menerima parameter input dan menghasilkan satu atau lebih parameter output dan digunakan untuk operasioperasi basis data
 

Structured Query Language (SQL)
Bahasa query terstruktur untuk mengelola basis data
 

Strategi pemecahan masalah
Metode atau pendekatan yang digunakan seseorang ketika menghadapi masalah
 

Struktur algoritma
Cara atau urutan untuk membuat suatu algoritma
 

Tipe data
Jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer
 

Trigger
Tipe khusus dari stored procedure yang akan dieksekusi ketika suatu kejadian muncul
 

Variabel
Tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan pada suatu program
 

View
Tabel virtual yang isinya berdasarkan pada query yang dilakukan pada basis data.
 

Web browser
Perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan yang kita kehendaki
 

Web dinamis
Halaman-halaman web yang isi dan informasinya berubah-ubah sesuai dengan permintaan pengguna
 

Web server
Perangkat lunak yang bertindak melayani permintaan-permintaan client terhadap halaman-halaman web tertentu
 

Web statis
Halaman-halaman web yang isi dan informasinya tidak berubah-ubah

 

 

more articles

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments