Rabu, 05 Februari 2014

Daftar Istilah pada Teknik dan Industri Grafika SMK

 

Daftar Istilah pada Teknik dan Industri Grafika SMK

 

accelerator (pemercepat), Bahan kimia terdapat dalam cairan pengembang fotografi yang menggiatkan pengembangan cairan; misal sodium karbonat dan sodium hidrosida.

accordion fold, dua atau lebih lipatan/gulungan paralel buka dan tutup seperti sebuah akordeon/harmonika tangan.

achromatic (akromatis), sifat pembiasan cahaya tanpa menguraikan menjadi warna-warna bagiannya; tak berwarna.

achromatic lens (lensa akromatis), lensa yang fidak mempunyai aberasi kromatis.

additive colour (warna aditif), warna yang terjadi sebagai hasil pencampuran sinar-sinar warna.

adhesive binding, perfect binding (jilid perekat), jilid tanpa benang.

adsorption (adsorpsi), perpaduan molekul-molekul bahan-bahan tertentu pada permukaan dua fase, misalnya: larutan gom arabika pada permukaan pelat ofset atau pigmen dengan pernis tinta; ini tidak merupakan reaksi kimia dan mudah terlepas.

advertisement (iklan), berita pesanan yang isinya bersifat menawarkan, memperkenalkan, atau memberitahukan sesuatu; lihat juga pesan.

aluminium foil (foli alumunium), lembaran aluminium sangat tipis digulung pada ketebalan kurang dari 0.00". Foli aluminium dapat diperoleh dalam bentuk sebagai: 1. rol foli dalam bentuk gulungan dengan pinggiran tersisir; 2. lembaran foli yaitu foli dalam bentuk persegi panjang, dipotong dalam ukurannya; 3. bahan foli, yaitu bahan yang digulung lagi untuk dibuat foli.

american Standard Association (ASA), standar untuk mengukur kecepatan dan kepekaan emulsi film terhadap cahaya.

amplitude (amplituda), nilai tertinggi dari suatu gelombang; pada arus bolak-balik berbentuk gelombang sinus; maka nilai tertinggi = arus efektif akar 2 (dua).

analogue system (sistem analog), sistem pada komputer elektronik yang mengalihkan bilangan menjadi kuantitas yang dapat diukur, misalnya voltage, tahanan listrik, atau putaran.

angle of wife sudut rakel, kedudukan bilah rakel pada silinder acuan cetak dalam dan cetak saring.

antihalation (antihalo), sifat suatu lapisan (biasanya diberi warna-opak) yang mencetah penyebaran cahaya di luar batas yang semestinya.

antihalotion backing (lapisan antihalo), lapisan yang mengandung boan warna pada punggung film untuk mencegah pantulan cahaya dari permukaan alas film.

anti-set off (antitular), jangan sampai menular; misalnya bahan antitular adalah bahan yang ditebarkan pada permukaan cetakan agar tinta cetakan tidak menular ke sisi belakang kertas berikutnya.

aperture (apertur), lubang lensa yang memungkinkan siar cahaya dapat melaluinya; sering disebut lubang diafragma atau disingkat diafragma.

aql, accpetable quality level (nilai ambang batas mutu/ AQL), batas mutu suatu produk; misalnya cetakan yang masih dapat diterima atau masih dianggap layak.

aquamatic offset (ofset akuamatik), cetak ofset yang prinsipnya sama dengan cetak ofset biasa yang air pembasahannya tidak langsung ke pelat ofset, tetapi telah tercampur pada rol tinta, yang kemudian air dan tinta itu bersama-sama diteruskan oleh rol hantar ke pelat cetak; pada umumnya diterapkan pada cetak ofset kecil.

aquamatic system (sistem akuamatik), sistem cetak ofset yang rol tintanya juga berfungsi memberikan air pembasah pada pelat, tetapi bak air dan bak tinta terpisah.

aqueous coating Aqueous adalah pengeringan cepat, beralaskan air, lapisannya protektif/bersifat melindungi yang diterapkan sederet/segaris pada mesin cetak untuk memperoleh keberagaman penyelesaian/hasil pada harga ekonomis yang berbeda-beda dibandingkan dengan pernis.

arabic gum (gom arabika) gom atau getah yang diperoleh dari dua jenis pohon akasia, digunakan dalam semua bagian grafika; aslinya beripa kristal coklat bening, mudah larut dalam air; larutannya bersifat asam lemah, digunakan untuk membuat bagian tak bergambar pada pelat cetak tidak peka terhadap tinta; dicampurkan juga dalam air pembasah, dan dapat pula digunakan sebagai perekat pada perangko, label, kertas rokok, dll.

arragement of printing unit (tata unit cetak), sistem penyusunan silinder pada mesin cetak, misalnya sistem 5 silinder dan sistem unit pada mesin ofset.

art binding (jilid seni), jilid tangan dengan mengutamakan segi seninya.

artwork gambar (model), gambar hitam putih atau warna, suatu disain, potret, dan sebagainya yang ditata dengan teks, siap untuk direproduksi.

ascii, akronim dari Kode Standar Amerika (American Standard Code) sebagai/untuk pertukaran informasi, kode standar yang digunakan untuk membantu mentransfer file antara aplikasi software yang berbeda atau alat-alat hardware.

astrallon (astralon), lembaran terbuat dari bahan sistetis yang tembus pandang (bahan dasar vinyl copolymerisat), digunakan di dalam pekerjaan montase.

audio waves gelombang (audio gelombang elektromagnetik), yang berfrekuensi di bawah 20.000 Herzt dan dapat ditangkap dengan telinga (didengar).

autoscreen film (film otoskrim), film yang telah mengandung raster nada lengkap; apabila dipergunakan untuk memotret gambar nada penuh akan dihasilkan gambar negatif yang berpola/berbentuk titik-titik dengan sendirinya, seperti kalau digunakan raster nada lengkap pada waktu pemotretan.

 

base ink (tinta baku), tinta yang dibuat dan disimpan dalam jumlah besar dan digunakan untuk ramuan guna menghasilkan warna yang diinginkan.

bibliogrphy (bibliografi), 1).daftar pustaka yang dipakai penulis untuk menyusun buku; 2). daftar buku yang diterbitkan.

bichromate coating (olesan bikromat), bahan peka cahaya untuk pembuatan pelat ofset yang diberi campuran bikromat.

binary biner (Dasar hitung dengan basis dua); bilangan hitung yang ada hanya 0 dan 1; jadi 2 = 10,3 = 11,4 = 100 dan seterusnya, digunakan dalam komputer.

binding system (sistem jilid), cara mengumpulkan lengkap dan menjahit kuras menjadi blok buku dan kemudian memberikan sampulnya.

bleed, sebuah gambar atau warna yang dicetak yang berjalan/bergerak ke tepi kertas. Ketika mesin cetak tidak dapat mencetak tinta sampai pada tepi kertas cetak, gambar ini dicetak pada kertas cetak yang ukurannya lebih besar dan kemudian dipotong sedikit sesuai ukurannya

blue sensitive (peka biru), peka terhadap cahaya biru saja.

blueline, cetakan percobaan printer yang terdiri dari kertas yang diperlakukan secara khusus dicetak dalam warna biru yang digunakan untuk pengecekan jenis kesalahan apapun.

bone folder (tulang pelipat), alat bantu dalam penjilidan (dulu dibuat dari tulang), yang dipakai untuk melipat lembaran kertas dengan tangan.

bone glue (lem tulang), lem (perekat) yang dibuat dengan bahan dasar tulang.

book (buku), 1) menurut definisi Unesco terbitan tak berkala yang berisi lebih dari 48 halaman, tidak termasuk sampul. 2) di Indonesia juga yang kurang dari 48 halaman dan kertas yang di berkas, dijilid dan diberi sampul disebut buku, misalnya buku tulis, buku gambar.

broat sheet (ukuran plano), ukuran kertas yang berbentuk lembaran utuh. bronze printing (cetak prada), proses cetak memakai tepung (serbuk) warna emas atau perak.

buble-tubeviscometer (viskometer gelembung), viskometer yang dilengkapi dengan tabung kaca pendek berisi gelembung udara dan tertutup pada kedua ujungnya.

bulletin (buletin), terbitan berkala suatu badan, perkumpulan, dinas, dan sebagainya.

bump exposure, no screen exposure (penyinaran tanpa raster), penyinaran yang diberikan di samping penyinaran utama, dilakukan dengan menggunakan model tanpa raster, diterapkan pada pemotretan model yang tidak kontras untuk memperbaiki detail bagian terang.

burn, menampakkan bahan foto-sensitif ke cahaya, seperti halnya dalam, pembakaran lempengan/pelat pada cetak offset.

 

cahier stitch (tusuk kaye), jenis tusuk yang jalan benangnya melingkar memanjang seperti tusukan benang pada penjilidan buku tulis (kahier dengan diucapkan kaye).

calandering (kalender), proses melapiskan suatu zat, agar yang dilapisi menjadi lebih halus dan licin, misalnya kertas yang dilapis dengan high gloss.

calculation (kalkulasi cetak), perhitungan biaya cetak yang diperlukan dalam memproduksi barang cetakan.

calibration (tera, peneraan), penentuan nilai pembagian yang sebenarnya pada perbandingan skala bertingkat; penetapan nilai relatif pada perbandingan (skala) sembarang.

caliper ketebalan kertas, biasanya diekspresikan dalam ribuan inch (mil).

camera (kamera), alat yang memakai susunan lensa untuk merekam gambar dengan menggunakan cahaya; dapat juga disebut alat potret.

camera extention (jarak kamera), jarak antara diafragma dan film dalam kamera.

camera ready copy, sebuah istilah berkaitan dengan tingkatan dalam percetakan ketika kopi/salinan dokumen atau karya seni siap dipotret/digambar untuk membuat pelat pada mesin cetak

candle (lilin), satuan kuat cahaya; l lilin = 12,56 lumen.

caption (keterangan gambar), teks pendek, yang biasanya ditempatkan di bawah atau di samping gambar untuk memberi penjelasan tentang gambar itu.

central print control (sistem cpc/ sistem pusat pengontrolan cetak), Suatu sistem pengendalian penintaan dengan alat komputer pada mesin cetak HEIDELBERGER: ada dua macam cpc, yaitu cpc-1 ialah sistem pengendalian penyaluran dan peralatan tintanya sendiri, dan cpc-2 ialah sistem pengontrolan hasil cetaknya dengan penintaan yang telah terkendalikan.

ceramic ink (tinta keramik), tinta yang cocok untuk diletakkan pada keramik, biasanya berdaya lengket besar, lekas mengering dan keras bila kering.

chinese drawing ink, india ink (tinta cina), tinta hitam yang pekat (opak) terbuat dari jelaga, gom, dan air; digunakan untuk menggambar dengan pena atau untuk meretus.

choke atau choking, ketika karya seni dicetak dengan beberapa titik yang saling berinteraksi, celah atau pergeseran warna muncul antara obyek. Choking menutup celah ini dengan menumpang tindih warna gelap pada batas warna yang lebih terang.

chromalin, sistem percobaan cetak warna yang dikembangkan dengan/oleh DuPont dengan menggunakan warna-warna kapur yang beragam.

chromatic aberration (aberasi kromatis), penyimpangan optik pada lensa yang menyebabkan warna spektrum tidak dapat difokuskan.

chromatic diagram (diagram kromatik), diagram warna.

chromaticity co ordinates (koordinat warna), perbandingan masing masing ketiga nilai tristimulans warna terhadap jumlahnya; istilah yang dipakai dalam pengukuran warna.

clay, kaolin (kaolin China), tanah liat putih halus yang digunakan oleh pembuat kertas untuk bahan pengisi dan untuk pigmen pelapis permukaan kertas cetak seni; juga disebut tanah liat cina; nama kimianya : alumunium silikat; rumusnya Al2O3.2SiO2.2h2O.

cmyk printer menggunakan CMYK – merupakan representasi warna tinta cyan, magenta, kuning dan hitam, ketika mencetak hasil karya proses 4 warna. Ini disebut dengan warna mengurang, ketika mengkombinasikan semuanya maka diperoleh warna hitam. Pengurangan satu atau lebih dari warna-warna tersebut akan menghasilkan warna lain. Ketika dikombinasikan dalam prosentase

yang beragam, keempat tinta tersebut akan menghasilkan sebuah spektrum warna, termasuk warna yang digunakan dalam fotografi warna.

coated paper, kertas dengan lapisan penyalut (biasanya dasar/alasnya pekat) yang diterapkan di/pada satu sisi (C1S) atau kedua sisi (C2S), seperti kilapan, mengkilat. Selama menurunnya dot gain, coated paper menampakkan gambar yang lebih tajam dan sering digunakan dalam pekerjaan mencetak empat warna seperti/sama dengan halftone hitam dan putih.

coatedpaper (kertas terlapis), kertas atau karton yang permukaannya diberi lapim piginen; termasuk dalam kelompok ini, kertas cetak seni (art paper).

cold glue (lem dingin), jenis lem untuk penjilidan, yang dalam penggunaannya tidak perlu dipanaskan; contoh: lem PVA (Poly Vinyl Acetat);lem vinH.

cold-set ink (tinta kering dingin), tinta padat yang harus dilelehkan dan digunakan pada mesin cetak panas; tinta akan memdat lagi dalam kontak dengan kertas yang relatif dingin.

collage (kolase), teknik pembuatan ilustrasi untuk mengubah bentuk dengan cara tempel menempel.

collating (komplet, mengomplet), memeriksa apakah kuras kuras yang telah tersusun untuk satu blok buku tidak salah urutannya.

color key, bahan percobaan cetak lama yang terdiri dari empat kertas cetak asetat warna yang merepresentasikan proses pemisahan warna untuk pekerjaan tertentu.

color matching, buku sampel warna yang digunakan untuk mencocokkan warna dengan tinta standar yang digunakan oleh sebagian besar printer. Printer kemudian akan menyiapkan lempeng/pelat cetakan yang terpisah untuk setiap/masing-masing warna. Warna-warna yang dipilih adalah warna-warna dari yang disediakan oleh sistem pencocokan warna, seperti Pantone. Kegunaan sistem pencocokan warna adalah menjanjikan konsistensi warna dari waktu ke waktu dan diantara pekerjaan yang berbeda-beda.

color separation, pemisahan karya seni warna atau transparansi pada kertas cetak terpisah pada film atau lempeng/pelat untuk tiap-tiap warna.

color transparency, gambar positif transparan warna penuh, juga disebut dengan film/slid atau krom.

colour (warna), bagian cahaya yang dipantulkan dari permukaan benda dan mengenai mata kita, hingga menimbulkan kesan tertentu, yang kita sebut merah, kuning, biru dan seterusnya; karenanya warna lalu di pelajari dari tiga segi: secara fisika, psikologi dan psikofisika.

colour chart, colour atlas (atlas warna), buku atau folder berisi cetakan tumpuk seri persentase titik-titik nada rata (horisontal/vertikal) ketiga warna tinta proses yang menunjukkan macam-mcam warna yang terjadi apabila ketiganya dicetak tumpukan (overlap) menurut persentase warna masing-masing.

colour diagram, chromatic diagram, xyz-system (diagram warna), diagram yang memuat warna, yang setiap warnanya diberi batas secara tepat; Sistem ini berdasarkan ketiga warna : primer merah, primer hijau, dan primer biru; contoh : colour triangle (xys-system), colour hexagon, colour circle.

colour disk, chromatic circle (lingkaran warna), lingkaran yang memuat juring juring berbagai warna; kalau diputar cepat menghasilkan kesan warna putih atau abu abu.

colour dispersion (urai, penguraian warna), penyebaran cahaya/sinar putih matahari menjadi warna pelangi dengan perantaraan prisma.

colour filter (filter warna), lapisan selatin berwarna, dihimpit antara dua kaca atau cairan berwarna dalam wadah bening, yang ditempatkan di antara lensa kamera dan benda yang dipotret sewaktu penyinaran untuk "menyaring hilang" warna tertentu; efeknya ialah penyerapan beberapa warna dan memungkinkan warna lain dipotret dengan kekuatan penuh pada pelat.

colour matching (Peramuan warna), percampuran warna menurut perbandingan-perbandingan tertentu guna memperoleh warna tepat seperti yang diperlukan.

colour printing register (tumpang, penumpangan /tinta pada cetakan), cara menempatkan tinta warna cetak di atas cetakan terdahulu, yang terjadi apabila mencetak dua warna atau lebih pada permukaan yang sama.

colour proof (coba warna), semacam cetak coba tanpa mesin cetak yang fungsinya untuk memeriksa warna-warni pada film hasil pemisahan warna, apakah sudah memenuhi syarat atau belum.

colour separation (pemisahan warna), membuat warna suatu model menjadi tiga warna terpisah pada film dan pelat: kuning, sian, dan magenta, sering ditambah hitam: pada pencetakannya dijadikan satu lagi secara bertumpangan, dan hasilnya merupakan warna model asli.

colour separation photography (fotografi pemisahan warna), pemotretan reproduksi dari model berwarna, baik model pantul (refleksi) maupun model tembus (transmisi).

colour tone (nada warna), cerah gelapnya, tua mudanya, atau pekat lemahnya suatu warna.

complementary colours (warna komplementer), dua warna berkontras, bila dikombinasikan menghasilkan warna putih atau abuabu.

composing, typesetting (susun huruf), mengatur dan menata hurufhuruf dengan tangan atau dengan mesin atau dengan jalan fotografi menjadi susunan teks yang akan dicetak.

composit image, sebuah fotografi/foto atau gambar lain yang diciptakan dengan menggunakan kombinasi gambar-gambar yang memisahkan warna ganda pada sebuah kertas cetak.

comprehensive lay-out (tata letak komprehensif), rancangan tata letak menyeluruh dari barang cetakan yang menggambarkan secara visual secara jelas dan lengkap wajah barang cetakan yang dimaksud.

computer to plate (CTP), proses pembuatan pelat secara langsung dari file komputer. Gambar dibakar diatas pelat yang menggunakan cahaya laser. Tidak diperlukan film.

computer typesetting (susun huruf komputer), penggunaan komputer yang terprogramkan khusus untuk membaca pengumpanan pita, yang memuat kode bagi kata dan spasi serta instruksi ukuran dan pemisahannya menjadi baris tertata lurus; seringkali menggunakan tanda hubung secara logika atau sistem melihat kamus; pengeluarannya biasanya berupa kertas pons (berlubang-lubang) guna mengontrol mesin pengecor baris atau alat susun huruf foto.

concave (cermin cekung), cermin yang permukaan mengkilapnya ada di sisi dalam dan berbentuk bagian bola.

concave lens. plane concave, bi concave, convex concave (lensa cekung), lensa yang di pinggirnya lebih tebal daripada yang di tengah; menurut bentuk kedua bidang batasnya terdapat lensa cekung datar, cekung dua, dan cekung cembung.

consistency (of ink) (konsistensi (tinta)), sifat alir tinta berdasarkan pada struktur dalamnya sendiri; dinyatakan dengan grafik tekanan alir (geser) terhadap banyaknya pengaliran (penggeseran).

contact photography (fotografi kontak), pembuatan gambar fotografi yang dalam pelaksanaannya, model dan film fotografi dikontakkan erat satu sama lin, kemudian disinari dengan penyinaran tembus atau pantul.

continous tone (nada penuh), gambar/model nada penuh ialah yang memuat semua nilai nada dari yang terang sampai yang gelap.

continous tone model (model nada penuh), model yang gambarnya memuat semua nada warna; misal potret biasa atau berwarna.

continuous dampening system (sistem pembasahan nonstop), sistem pembasahan pada proses cetak ofset secara terus-menerus. contrast (kontras), selisih kehitaman yang besar antara bagian terterang dan bagian tergelap pada gambar, film negatif , atau positif .

control panel (papan kontrol), papan dengan berbagai tombol/sakelar beserta tanda-tanda penunjuknya untuk melayani serta mengontrol jalannya mesin.

convex lens. plane convex, bi convex, concave convM (lensa cembung), lensa yang di pinggirnya lebih tipis daripada yang di tengah; menurut bentuk kedua bidang batasnya terdapat lensa cernbung datar, cernbung dua, dan.cembung cekung.

copy editor (editor naskah), orang yang memperbaiki dan menata naskah.

copyboard, copy holder (papan model), papan datar di depan lensa kamera reproduksi untuk menempatkan model yang akan dipotret.

copyright (hak cipta), hak seorang penagarang atas isi tulisan yang diciptakan; perlindungan hukum terhadap penggunaan ciptaan karya tulis atau karya seni sebagai milik pencipta, diatur dan ditata oelh undang-undang hak cipta nasional (dan oleh kedua konvensi terbesar di dunia; Konvensi Bern dan UUC = Universal Copyright Conversion).

copywriter, seseorang yang menulis kopi/salinan untuk iklan atau bahan promosi lainnya.

counter etch (etsa timbalan), larutan asam lemah digunakan untuk membersihkan pelat ofset logam.

cover design (perwajahan kulit), rancangan bentuk tata letak, ukuran warna, tipografi dan lain-lain untuk kulit buku atau majalah yang terdiri dari atas 4 halaman; antara lain halaman kulit bagian luar yang harus menarik perhatian dan memberikan kesan sesuai dengan isinya.

crash printing, mencetak cetakan huruf dalam bentuk sedikit karbon sehingga gambar mencetak secara simultan pada semua kertas cetak dalam setelan/pengaturan.

cropping, untuk mengurangi ukuran, menghilangkan elemen-elemen yang tidak diinginkan.

cutting score line (garis garit), garis yang dibuat dengan memotong setengah ketebalan kertas/karton, supaya kertas/karton mudah ditekuk melalui garis itu.

 

damping roller cover (kain rol air), kain katun/molton pelapis (penyambung) rol peralatan air.

damping solution (air pembasah), cairan/larutan yang digunakan untuk membasahi pelat cetak offset.

damping unit (unit pembasah), unit/peralatan pada mesin ofset yang menyalurkan air pembasah sampai pada acuan cetak.

darkroom (kamar gelap), ruang kedap cahaya tempat film dikerjakan dan dikembangkan/diproses.

darkroom camera (kamera kamar gelap), kamera yang bagian belakang dan sebagian cukapnya dipasang pada dinding kamar gelap, sehingga bagian belakang ada di dalam kamar gelap, sedang selebihnya ada di luarnya.

dcs atau Desktop Color Separation, adalah format file yang terdiri dari 5 file, yang pertama mengandung preview untuk tampilan di monitor (lowres) dan keempat lainnya berisi data hi-res yang digunakan saat output ke imagesetter atau CtP. Apabila bekerja dengan format ini, kelima gambar tersebut harus dikumpulkan dalam satu folder supaya saat output dapat ter-link dan dapat menghindari terjadinya missing gambar atau gambar lowres. Kelebihan format ini adalah dapat mempercepat kerja RIP imagesetter atau CtP karena data yang dibaca saat ripping tidak sekaligus seperti TIFF atau EPS melainkan perwarna/channel. Format file DCS memiliki 2 jenis yaitu DCS 1 dan DCS 2 dimana DCS 2 dapat menyimpan data yang mengandung spot color/warna khusus. Format DCS 1 banyak diterapkan dalam copydot scanner.

deep etch plate (pelat etsa dalam), pelat cetak offset yang bagian gambarnya dietsa dengan sejenis asam sedemikian rupa, sehingga sedikit lebih rendah daripada permukaan pelatnya.

deep-etch offset, intaglio offset (ofset etsa-dalam), cetak offset dengan pelat yang bidang cetaknya dietsa agak di bawah permukaan pelat.

densitometer (densitometer), alat untuk mengukur kehitaman atau nilai pada warna sebagai ganti penilaian dengan mata; dua jenis densitometer : visual dan fotoelektris; macamnya adalah transmisi dan refleksi; densitometer transmisi digunakan untuk mengukur kehitaman/densitas negatif dan positif, sedangkan densitometer refleksi digunakan untuk mengukur kehitaman model pantul atau hasil cetakan.

densitometry (densitometri), pengetahuan tentang sistem pengukuran kehitaman/kepekatan, ketebalan warna, atau nilai nada warna.

density (hitam, kehitaman), banyak sedikitnya atau berat ringannya tinta atau warna yang ditempatkan pada bahan cetak (kertas), lihat juga pekat, hitam.

density, optical density (kehitaman density), 1. Rapatnya penutupan tinta cetak pad suatu bidang yang dicetaki. 2. Gelap dalam nada; hanya menenruskan cahaya sedikit. 3. Rapat rengganya bahan dasar suatu benda; misalnya kaca lebih rapat daripa air, dan air lebih rapat daripada udara.

densometer (densometer), alat untuk menetapkan keporian atau porositas kertas.

design (wajah, perwajahan), visualisasi suatu ide (gagasan) mengenai suatu benda, misal cetakan, mulai dari rencana, melalui rancangan sampai kepada modelnya.

designer (pewajah), orang yang menciptakan dan bertanggungjawab atas penyusunan wajah barang cetakan.

desktop publishing, kegunaan komputer untuk menciptakan dokumen dan karya seni yang dapat dicetak. Software khusus yang digunakan untuk menambah kopi dan grafis pada dokumen, yang kemudian keluar ke printer atau peralatan penyusunan/pemasangan huruf.

developer (bahan pengembang), bahan untuk mengubah bayangan tersembunyi yang terbentuk pada film (kamera penyinaran) menjadi gambar yang dapat dilihat, dengan cara mengubah garam perak yang telah dipengaruhi/diurai oleh cahaya menjadi perak metalik berwarna hitam.

developer film (pengembangan film), proses reaksi bahan kimia untuk memperoleh hasil gambar pada film setelah disinari.

diaphragm (diafragma), alat pembuka yang dapat berubah-ubah pembukaannya, terdapat pada sistem lensa untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang memasuki kamera pada waktu pemotrertan dilakukan.

diapositive (diapositif), 1) Gambar fotografi positif di atas alas bening, digunakan sebagai "slide" yang diproyeksikan. 2) Transparansi kecil yang dicetak dari negatif hasil pemotret-an udara untuk keperluan kontur peta relief. 3) Hasil cetakan yang dasarnya peka, gambar/teksnya putih.

die-cutting, kegunaan ketajaman, lembaran logam yang dibentuk untuk memotong bentuk atau gambar spesifik/tertentu dalam selembar kertas.

diffusion transfer (alih difusi), cara kerja memindahkan gambar negatif atau positif dari kertas peka cahaya dalam keadaan basah pada pelat ofset (logam) basah, dengan cara menekankan kertas negatif atau positif basah yang telah disinari dikembangkan pada pelat ofset logam/positif kertas yang basah pula; lihat juga difusi perak.

diffusion transfer (difusi perak /metode), cara pemindahan gambar negatif kertas dalam keadaan basah pada pelat ofset alumunium/logam asah atau positif kertas basah; negatif basah yang telah disinari dan dikembangkan, ditekankan pada pelat ofset logam/positif kertas basah pula; lihat juga alih difusi.

digital camera, sebuah jenis kamera yang menyimpan gambar foto secara elektronik dibandingkan film. Gambar yang didownload ke komputer dimana gambar tersebut dapat dimanipulasi dalam bentuk dengan cara yang sejenis dengan scanner.

digital printing, teknologi cetak baru yang memberikan hubungan mesin cetak ke komputer. Keuntungannya meliputi, waktu yang berputar lebih cepat, harga produksi lebih murah, dan kemampuan untuk membuat dokumen menurut selera. Ini sering digunakan untuk cetak warna yang bergerak dengan cepat dan sesuai dengan permintaan.

digital, proses data yang menggunakan angka 0 dan 1 melalui getaran on/off.

di-litho (di-lito), (singkatan dari direct lithography) cetak datar tanpa mengalihkan tinta dari pelat ke kain karet (blanket) lebih dulu, melainkan langsung kepada kertas; dapat digunakan mesin silinder cetak tinggi yang diperlengkapi dengan peralatan air (unit pembasahan).

doodle (teknik bercak), suatu teknik pembuatan ilustrasi dengan cara semprotan tanpa menggunakan kuas.

dot gain, penyebaran tinta pada kertas, yang menyebabkan titik-titik dimana mengakibatkan gambar pada cetakan lebih besar/lebar daripada ketika ada di film atau pelat. Gambar ini bisa menjadi menyimpang, nampak lebih gelap dengan kurang jernih/jelas.

dots per inch (DPI), sebuah ukuran layar komputer dan resolusi printer yang dikaitkan dengan jumlah titik dimana sebuah alat dapat mencetak atau mendisplay/menampilkan per inch. Makin banyak titik per inch, maka makin tajam gambar tersebut.

dots shape (bentuk titik), bangun atau rupa titik-titik raster; ada yang berupa persegi (papan catur), ada yang berbentuk belah ketupat, atau beerbentuk elips.

drawingpaper (kertas gambar), istilah umum untuk kertas yang digunakan untuk digambari dengan pensil atau pena oleh juru gambar teknik, arsitek, dan sebagainya ada beberapa jenis kertas yang mempunyai sifat sifat yang disesuaikan dengan kegunaannya secara khusus; bahannya dapat terdiri dari pulp kayu kimia atau pulp kapas, atau mungkin campuran dari kedua macam pulp itu; jenis kertas ini mempunyai permukaan yang baik untuk ditulisi dan sifat mudah dihapus; dibuat dengan berat dasar 112-160 gram/m2.

driography (driografi), sistem cetak datar tak langsung (offset) yang tidak perlu lagi menggunakan air pembasah.

dummy, representasi lembar yang diselesaikan, ditandai dengan pecahan dan lipatan warna, dibuat dengan kertas yang dipilih untuk pengerjaan.

duotone, halftone dua warna pada gambar yang sama yang diciptakan dengan menggunakan dua kasa, dua pelat dan dua warna yang berbeda.

ear (cuping), 1) Sudut halaman pertama surat kabar bagian atas kiri atau kanan. 2) Cuatan kanan kiri pada matris huruf.

editing (sunting, menyunting/ naskah), menimbang, memilih dan memperbaiki naskah tata bahasa, penggunaan kata-kata, cara penyajian pokok soalnya, dan seterusnya agar enak dan menarik bila dibaca dan isinya mudah dipahami.

edition (edisi), 1) Barang cetakan hasil penerbitan; 2) Seluruh jumlah eksemplar yang diterbitkan pada suatu ketika; lihat juga terbitan dan oplah.

edition (terbitan), hasil penerbitan berupa barang cetakan jadi, misal buku, majalah, dan seterusnya.

editor (editor), orang yang melakukan pengeditan atau penyuntingan naskah; lihat juga penyuntingan.

elasticity (kekenyalan), sifat suatu bahan yang dapat berubah bentuk dan ukuran bila mendapat tegangan, bila tengangan itu dihilangkan akan kembali ke bentuk dan ukuran semula; keelastisan bahan ditatapkan dengan menilai kemampuannya kembali keukuran semula, tidak hanya menilai perubahan bentuk atau mulurnya saja; juga disebut elastisitas atau kekenyalan.

electric charge (muatan listrik), 1. Banyaknya tenaga listrik yang timbul dari reaksi kimia; 2. Pada kondensator: banyaknya tenaga listrik pada elektrode-elektrode.

electric current (arus listrik), gerak elektron dari satu kutub sumber listrik ke kutub lain melalui kawat penghubung.

electric tension, voltage (tegangan listrik), perbedaan tegangan antara dua kutub listrik.

emboss, kreasi gambar yang dicapai (timbul) dengan menekan bentuk pada kertas cetak dengan menggunakan logam atau ulir plastik.

embossing, relief printing (cetak timbul), cara mencetak dengan tidak menggunakan tinta yang karena tekanan cetak hasilnya agak menonjol berbentuk relief (timbul sedikit).

emulsion (emulsi, mengemulsi), 1). Penyebaran zat cair dalam zat cair lain yang dalam keadaan biasa kedua zat cair itu tidak dapat bercampur; misalnya minyak dan air. 2). Mencampurnya air pembasah ofset ke dalam tinta cetak sehingga mengurangi daya tolak tinta terhadap air.

emulsion, sisi film fotografi yang diperlakukan secara kimiawi.

encyclopedia (ensiklopedi), sejenis kamus, juga tersusun menurut abjad, tetapi disertai uraian lebih luas mengenai soalnya dan seringkali dilengkapi dengan ilustrasi.

engraved printing, proses mencetak dengan menggunakan pelat yang diceruk. Tinta berada di dinding yang diceruk pada pelat, ketika tekanan digunakan, huruf dan gambar yang timbul nampak pada halaman depan.

episode (episode), adegan atau baak yang merupakan bagian sebuah cerita atau seri cerita.

eps, singkatan dari Encapsulated Post Script, adalah format file yang digunakan untuk mengirim informasi gambar bitmap postCript dari satu program ke program yang lain. Format EPS dapat diterapkan untuk gambar bitmap maupun data vektor. Selain itu juga pada adobe Photoshop format EPS dapat meng-embed informasi halfone dan transfer curve.

etch (etsa), proses termakannya benda padat oleh cairan tertentu (biasanya asam).

etched copper plate (pelat tembaga etsa), pelat tembaga yang dietsa, yang akan digunakan sebagai acuan cetak pada teknik cetak dalam (intaglio) dan cetak tinggi.

exposure (Penyinaran), pemberian berkas sinar cahaya yang besarnya merupakan hasil kekuatan cahaya dikalikan dengan lama waktu pemberian cahaya itu; pada pemotretan nada lengkap (menggunakan raster)ada 3 jenis penyinaran; penyinaran utama, penyinaran rata atau putih, dan penyinaran tanpa raster.

 

file transfer protocol (FTP), software komputer yang membiarkan adanya pertukaran informasi antara beberapa komputer.

filling-up (penutupan titik raster), cetakan yang rasternya tertutup tinta.

film base (bahan film), bahan dari plastik atau bahan lain yang dilapisi dengan emulsi fotografi.

film, Lembaran tipis, bening, dan lentur (fleksibel) dari bahan seluloid, plastik, asetat, atau poliester yang dioles dengan emulsi peka cahaya perak helogenida perak (perak bromida) serta antihalo, dan digunakan untuk keperluan fotografi.

filter factor (faktor filter), bilangan yang menunjukkan berapa kali waktu penyinaran harus diberikan apabila menggunakan filter.

filter, alat penyaring : 1) Untuk memisahkan satu suara dari suara-suara lain. 2) Untuk memisahkan satu gelombang dari gelombanggelombang lain. 3) Dalam fotografi berupa embaran kaca, selatin, atau bahan lain digunakan untuk mengubah secara seektif cahaya yang melaluinya.

finishing (jilid, penjilidan), penyelesaian cetakan menjadi barang jadi yang dimaksud, misalnya menjadi buku, majalah.

fiy leaf inner end paper, end leaves (lembar pelindung), dua lembaran tambahan antara blok buku dan sampul, yang berfungsi sebagai pelindung isi buku, sebagai engsel dan penghias buku.

flap (lipatan dalam), bagian kulit jaket yang dilipatkan ke dalam; biasanya diisi dengan teks mengenai riwayat pengarang atau mengenai isi buku.

flash exposure (penyinaran rata), penyinaran bantuan (diberikan di samping penyinaran utama) yang dilakukan tanpa model dengan menggunakan raster; diterapkan pada model yang kontras untuk memperbaiki detail-detail bagian gelap.

focal length (jarak titik api), jarak antara titik api dengan pusat optik (o) lensa.

focal plane (bidang titik api), bidang yang letaknya tegak lurus pada sumbu utama lensa di titik api.

focus, titik pertemuan sinar cahaya yang jatuh pada lensa cembus/cermin cekung sejajar dengan sumbu utama; juga disebut titik api.

focussing, ground glass (kaca periksa), sekeping kaca kusam pada bagian belakang kamera, digunakan untuk melihat ketajaman letak dan ukuran bayangan sebelum pemotretan dilakukan.

fog, fogging (kabut, pengkabutan), cacat sebagai gejala mengeruh dalam film hasil fotografi, yang gambarnya sebagian atau seluruhnya terselubung oleh endapan perak; cacat tersebut bisa disebabkan oleh cahaya yang berpencar atau larutan bahan kimia yang kurang cocok.

foil stamping, aplikasi kertas perak/timah ke/pada kertas. Bisa juga dikombinasikan dengan mengkilapkan untuk beberapa daya tarik yang ditambahkan.

fold (lipat, melipat), menekuk suatu lembaran sampai 180o.

fold out /lipat keluar (gambar), gambar atau daftar dalam buku yang dalam penpunaannya dibuka ke luar (ukuran) buku.

folding/score line (garis ril), garis yang dibuat dengan menekankan benda keras pada kertas/karton supaya penekukan mudah dilakukan melalui garis itu.

font, semua jenis karakter/huruf dan spasi yang berhubungan pada satu ukuran satu sebuah jenis permukaan.

fountain unit (peralatan air), seperangkat peralatan pada mesin cetak yang gunanya untuk menyalurkan air pembasah, mulai dari bak sampai kepada pelat cetak.

four (4) color process, sebuah metode mencetak yang menggunakan titik-titik warna Cyan, Magenta, Kuning dan Hitam untuk menciptakan kembali sifat yang berkesinambungan/berkelanjutan dan keberagaman warna pada sebuah gambar berwarna.

frequency (frekuensi), jumlah periode/getar tiap detik; banyak digunakan dalam ilmu listrik atau elektronika; lihat juga Hertz: misalnya frekuensi PLN = 50 Hertz.

front guide (penepat depan), alat penepat pada lintasan kertas, yang fungsinya menghentikan sejenak kertas yang dimasukkan, untuk mengatur kedudukan kertas pada posisinya yang tepat sebelum dicekam oleh jari penjepit pada silinder tekan.

 

gallery camera (kamera galeri), kamera yang letaknya terpisah dari/di luar kamar gelap.

galley (dulang), semacam baki memanjang berkaki logam untuk meletakkan susunan huruf sampai dilakukan penyusunan acuan; lihat juga galai.

galleyproof (cetak coba dulang), cetak coba permulaan masih secara kasar dibuat dari susunan huruf dalam dulang guna diperiksa dan dikoreksi.

gamma (gama), dalam fotografi menunjukkan derajat kekontrasan film (biasanya negatif); nilai gama sama dengan tangens sudut yang dibentuk oleh bagian garis lurus kurve gradasi negatif dengan sumbu horizontal; makin tinggi nilai gama makin besar kontrasnya.

gif, sebuah format file grafis yang biasa/lazim digunakan oleh papan buletin komputer, tidak sesuai untuk mencetak.

glossary (daftar<> kata), suatu daftar yang memuat kata-kata dengan penjelasan artinya.

gold ink (tinta mas), tinta berwarna kuning emas, terdiri dari vernis khusus dan bubuk kuningan; digunakan sebagai pengganti pelapisan dengan emas dan pemradaan; biasanya diramu sesaat sebelum pencetakan; bila dicetakkan kelihatan kuning mengkilap seperti emas.

graphic design, kegunaan elemen-elemen dan teks grafis untuk mengkomunikasikan suatu ide atau konsep.

graphic designer, seseorang yang mengembangkan desain grafis.

graphic, sesuatu yang dicetak yang tidak dikopi (teks) seperti/termasuk foto dan ilustrasi.

gutter, spasi antara kolom-kolom jenis dimana halaman menemui/menjumpai tepi yang mengikat.

 

half tone, metode dimana fotografi dan gambar lainnya dicetak dengan menggunakan sel-sel titik untuk mensimulasikan sifat antara terang/cerah dan gelap. Sebuah mesin cetak tidak mampu mengubah sifat tinta, sehingga titik-titik warna yang digunakan untuk menipu mata hingga menjadi terlihat sebuah gambar yang mempunyai sifat berkelanjutan untuk melakukan hal ini, foto di shoot/ ditembak melalui kasa/layar berlubang atau filter yang memecah gambar tersebut menjadi titik-titik kecil. Garis yang lebih dekat dengan kasa atau layar, lebih kecil titik tersebut dan lebih banyak titik per inchi nya, menimbulkan gambar lebih tajam.

hexachrome, sebuah proses pemisahan warna yang dikembangkan oleh Pantone yang menggunakan 6 dari 4 warna proses dasar.

 

illustrator, seseorang yang mengembangkan karya seni asli/orisinil yang digunakan untuk/dalam aplikasi komersial.

imagesetter, sebuah alat resolusi tinggi yang akan mencetak secara langsung ke lempengan/plat atau film yang siap pada plat.

imposition, proses menyusun halaman kopi dan gambar sehingga ketika kertas cetak di cetak dan di lipat untuk diikat, halaman tersebut akan benar/sesuai urutan.

 

jpeg atau Joint Photography Expert Group merupakan format file terkompresi untuk mobilitas data yang tinggi dan praktis. Produksi surat kabar dapat menggunakan format JPEG maximum agar detail tetap baik. Gambar yang sudah disimpan dalam format JPEG tidak bisa dikembalikan ke TIFF. Data sudah banyak yang hilang meskipun di komputer bisa dilakukan, namun pada hasil cetak tetap kurang baik.

 

kern, penilaian spasi anatara huruf-huruf dengan tujuan agar huruf-huruf tersebut/untuk membuat huruf tersebut lebih indah/bagus secara visual dan seimbang di/pada kertas cetak.

 

leading, spasi antara garis-garis jenis, diukur dari garis dasar satu garis ke garis dasar berikutnya. Kuantitasnya diukur dalam poin, seperti jenis 8 poin, 10 poin dst. Masing-masing poin kurang lebih sama dengan 1/72 inchi.

lithography (litografi), proses cetak yang mula mula menggunakan acuan dari batu, kemuthan dipakai juga untuk cetak datar pada umumnya; cetak ofset juga masih disebut litografl.

lupe, sebuah lensa pembesar yang digunakan oleh printer untuk menguji/memeriksa detail bahan-bahan yang dicetak. Kegunaan Lupe ini adalah memebiarkan seseorang melihat setiap HalfTone Dot warna yang digunakan dalam proses cetak warna.

 

makeready, semua aktifitas yang dibutuhkan untuk mengatur/mensetup mesin cetak agar mesin cetak berjalan termasuk melakukan/menjalankan pengujian lembaran kertas cetak.

moire, pola kabur/samara yang dihasilakan dengan mencetak beberapa pola titik yang berulang diatas yang lainnya. Dalam mencetak proses 4 warna, pola ini dihasilkan ketika layar/kasa HalfTone masing-masing warna tidak lurus.

 

nigatives (Negs), sebuah versi negative film pada sebuah area gambar, yang dihasilkan dengan menembak halaman mekanis dengan kamera proses, atau dengan menjalankan/menggerakkan film melalui sistem pennsetingan gambar.

 

object oriented graphics digunakan untuk menggambar garis, logo dan gambar lainnya yang memerlukan tepi yang halus. Dibuat kurva yang didefinisikan/dijelaskan secara matematis dan segmen garis yang disebut dengan Vektor. Keuntungan dalam mencetak karena kemampuannya untuk memperbesar tanpa harus kehilangan detail.

ocr(Optical Charaker Recognition), software yang menerjemahkan gambar huruf ke komputer dengan sebuah scanner menjadi huruf yang dapat dimanipulasi seperti/sebagai teks tetapi bukan sebagai gambar.

offset printing, suatu proses mencetak tidak langsung dimana tinta ditransfer ke kertas oleh lapisan karet yang membawa kesan dari plat cetak, bukan secara langsung dari plat itu sendiri ini adalah metode cetak komersial yang paling lazim pada saat ini.

opaque (opacity), berhubungan dengan tampilan/ penampakan pada gambar yang dicetak dari sisi kertas cetak yang berlawanan atau kertas cetak diujungnya. Ketebalan kertas dan kegunaan pengisi mineral mempengaruhi lembar ini.

 

paste-up or production artist, seseorang yang memproduksi kamera siap pakai atau karya seni siap plat.

pdf atau Portable Document Format adalah format file yang digunakan setelah semua pekerjaan dan sudah siap untuk dioutput. Cara membuat PDF yang digunakan untuk produksi cetak tidak sama dengan cara membuat PDF untuk keperluan lain. Oleh karena itu harus berhati-hati dalam menggunakan file PDF untuk produksi cetak. Konsultasikan dengan pihak pracetak yang akan memproses file tersebut. Kelebihan file PDF antara lain dapat mengkompresi data namun kualitas tetap baik, meng-embed gambar bitmap/teks dan vector, serta bersifat cross platform sehingga dapat dibuka di PC maupun Macintosh.

perfect binding, proses mengikat dimana kertas cetak diikat bersamasama, ujung ikatan dikerjakan untuk menghasilkan permukaan kasar, dan memakai lem, halaman depan/sampul kemudian dibungkus kesemua halaman.

photo CD, sistem yang dikembangkan oleh Kodak untuk menyimpan gambar yang dihasilakan melalui kamera digital menjadi CD/Compact Disc.

photo illustration, sebuah gambar yang dihasilakan dengan menggunakan satu atau lebih photografi.

photocopy, proses reproduksi/menyalin/meniru yang menggunkan elemen cetak sensitive bercahaya, Toner, dan panas untuk menggabungkan toner ke kertas untuk menghasilkan kopi.

pica, satuan pengukuran yang sama dengan 12 poin atau 1/6 inchi.

pixe depth, jumlah data yang digunakan untuk menggambarkan titik-titik berwarna pada monitor komputer.

pixel, singkatan dari Picture Element, yakni titik yang membentuk gambar pada sebuah monitor semakin kecil pixelnya, semakin detail gambar tersebut.

plate-ready film, film fotografis final yang digunakan untuk membuat pelat cetak.

pms(pantone matching system), sistem pencocokan warna yang dihasilkan/diciptakan oleh Pantone.

point, sama/ekuivalen dengan 1/72 inch, poin adalah unit pengukuran jenis.

printing plate, benda logam tipis yang sifatnya sensitif terhadap cahaya dan menyebabkan sebuah gamabr ditransfer ke kertas ketika pada mesin cetak. Gambar ini dibakar menjadi pelat oleh kegunaan cahaya yang berintensitas tinggi atau laser untuk langsung ke sistem pelat. Permukaan pelat ini diperlakukan sehingga hanya gambar cetak yang dapat diterima oleh tinta yang mentransfer ke bahan yang dicetak.

printing, proses menggunakan tinta ke kertas atau obyek lain untuk menghasilkan/menyalin/mereproduksi kata atau gambar.

process color, satu dari empat warna (cyan, magenta, kuning dan hitam) yang digunakan dalam menghasilkan gambar warna penuh seperti fotografi.

proof, suatu metode mengecekan kesalahan sebelum mencetak sebuah pesanan. Secara normal/biasanya operasi mesinc etak terakhir, percobaan cetak digunakan oleh operator mesin cetak untuk memastikan/menjamin kebenarn pada produk terakhir selama produksi pesanan.

 

raster image process (RIP), hardware dan software yang menerjemahkan data menjadi serangkaian/urutan titik unutk hasil ke film atau pelat.

register marks, garis serambut-melintang atau melingkar/bundar pada mekanis, negatif, dan pelat yang memandu/menuntun operator mesin cetak.

register, untuk memposisikan mencetak yang berhubungan tepat ke tepi kertas dan gamabr cetak lainnya di kertas cetak yang sama.

registration, meletakkan dua atau lebih gambar secara bersamaan sehingga gambar tersebut nampak lurus, dan menghasilkan gambar yang jelas/bagus.

resolution, jumlah elemen gambar/foto (pixel) per satuan pengukuran linier (biasanya inch) pada monitor komputer, atau jumlah titik per inch (dpi) dalam bentuk cetak.

reverse out knock out, jenis atau gambar lain yang ditentukan/ditetapkan dengan mcetak background dari gambar itu sendiri, membiarkan mendasari warna kertas atau tinta cetak sebelumnya untuk memperlihatkan bentuk gambar tersebut.

rgb (Red, Green and Blue) disebut dengan warna tambahan karena ditambahkan secara bersamaan, warna itu bisa menghasilkan semua warna. Secara khusus, RGB digunakan untuk presentasi slide, software komputer dan game, dan apapun yang terlihat di monitor video.

 

saddle stitch, ikatan kertas cetak untuk membentu buku dengan menggunakan staples atau menjahit punggung buku.

sans serif, secara harfiah, tanpa serif(s), yang merupakan proyeksi ekstra dari gerakan utama huruf yang ditemukan pada beberapa jenis tampilan.

script, jenis permukaan huruf cetak yang mimiknya tulisan tangan.

self cover, publikasi yang dibuat keseluruhan dari kertas yang sama sehingga halaman depannya dicetak pada kertas yang sama secara simultan dengan halaman didalamnya.

service bureau, suatu organisasi yang menyediakan/memberi servis grafis tertentu untuk printer. Service Bureau sering menyediakan pemisahan warna, tombol warna, dll.

sheet-fed presses, mesin cetak yang mencetak lembar/kertas cetak, berlawanan dengan mesin web.

signature, kertas cetak diikat menjadi serangkaian halaman yang disatukan/dijepit/diikat.

spot color, tinta warna atau pernis yang digunakan pada bahan cetak. Secara umum digunakan. ketika pemrosesan warnba tidak sesuai. Penggunaan yang efektif pada warna bintik dapat menambah daya tarik yang dipertinggi pada bahan cetak tanpa mengadakan biaya warna proses.

spread, ketika publikasi dicetak dengan beberapa warna bintik yang berinteraksi, celah atau pergeseran warna bisa nampak diantara obyek. Penyebaran menutup celah dengan saling menumpang tindih obyek bagian terdepan yang bercahaya ke dasar/background yang gelap.

stripping, penyusunan negatif pada dataran dalam persiapan utnuk membuat pelat cetak, ini sekarang dapat dikerjakan secara elektronik/listrik.

style sheet, instruksi bagi layout dokumen, seperti permukaan huruf cetak yang digunakan, ukuran poin header, penempatan footer, dll. Agar menjaga konsistensi pada dokumen.

 

thermography, teknis penyelesaian yang dikerjakan setelah mencetak yang mengangkat tinda dan memberikan efek cetak lukisan/pahatan.

tiff, singkatan dari Tagged Image File Format, yaitu format file yang tidak terkompres untuk tetap memeliaaahara kelengkapan data warna yang terekam. Format Tiff hanya berlaku untuk data bitmap, dan menjadi default dalam penyimpanan gambar dari scanner, kamera digital hi-end maupun photo CD untuk profesional.

 

Teknik dan Industri Grafika

Caleg Pilihan Radar Banten

Caleg Waringinkurung Serang

Caleg Kramatwatu Serang

Caleg Bojonegara Serang

Caleg Pulo Ampel Serang

Caleg Gunungsari Serang

DPRD Kabupaten Serang

DPRD Serang

DPRD Serang Banten

Jual murah Domain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments